logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
Powered by Blogger.

Masukkan email anda Untuk berlangganan Artikel Terbaru :

(Untuk memperlancar, cek email anda lalu klik confirmasi dari feeedBurner, dan untuk lebih jelas silahkan klik link berikut -->>> Panduan Lengkap Berlangganan carabelajarmudahbahasainggris.com (klik)

Dipublikasikan oleh Cara Mudah belajar Bahasa Inggris


ANDA Mau PINTAR BAHASA INGGRIS!!

SEGERA MILIKI FLASHDISK PINTAR

UNTUK PEMESANAN klik link dibawah :

Flashdisk PINTAR


loading...

Percakapan Resmi Dan Tidak Resmi Dalam Bahasa Inggris

Salam Resmi dan Tidak Resmi dalam Percakapan Bahasa Inggris - Hari ini, tiba saat nya kita belajar percakapan sehari-hari yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari yang tentunya dengan menggunakan Bahasa Inggris. Tentunya bahasa pembuka saat memulai percakapan adalah dengan mengucapkan salam lalu dilanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan terkait kabar lawan bicara. Nah, tentunya percakapan yang akan saya jelaskan disini adalah cermin dari bahasa sehari-hari negara yang menggunakan bahasa Inggris seperti Australia, Inggris, Amerika Serikat sehingga percakapan mereka akan sesuai dengan kultur atau budaya mereka.

Percakapan Resmi dan Tidak Resmi dalam Bahasa Inggris

Seperti ucapan salam di sana biasanya mereka mulai dengan mengucapkan good Morning, Good Afternoon, Good Evening. Ini tentunya berbeda dengan masyarakat muslim seperti negeri kita yang mengawali salam pembuka dengan ucapan assalamualaikum. Jadi kultur ini bisa kita sesuaikan dengan budaya negara dinegara mana kita berada yang pastinya salam apa yang akan kita gunakan akan memiliki sedikit perbedaan. Jika lawan bicara kita seorang muslim tentunya bisa kita gunakan assalamualaikum. Oke, ketika kita berbicara percakapan resmi dan tidak resmi didalam pengucapan  bahasa Inggris maka dari mulai salam sudah ada kata resmi dan tidak resminya.

Ketiga salam pembuka yang telah saya sebutkan diatas itu adalah bentuk salam resmi yang biasanya digunakan dalam bahasa Inggris. Tentunya salam resmi ini diucapkan pada saat percapakan formal seperti saat sedang berpidato, atau bercakap-cakap dengan orang yang belum kita kenal. Namun selain salam resmi juga ada salam setengah resmi yang sering digunakan khususnya saat berbicara dengan orang-orang yang sudah dikenal seperti Hello, hi, Good Day,.

Salam Resmi :                           Salam Setengah Resmi :
Good Morning!                          Hullo!
Good Afternoon!                       Hi!                    
Good Evening!                          Good Day!

Setelah anda mengetahui, salam resmi dan salam setengah resmi beserta cara penggunaannya maka selanjutnya kita juga harus mengetahui kalimat-kalimat yang mengikuti setelahnya. Seperti pertanyaan terkait kabar. Didalam tata bahasa Inggris ada kalimat resmi atau tidak resmi juga dalam mempertanyakan kabar seseorang. Untuk lebih jelasnya akan saya uraikan dibawah ini :

Kalimat Resmi (Percakapan dalam Bahasa Inggris ):

Pertanyaan : How Are you ?               Jawaban : Very Well , Thank you. 

Kalimat Setengah Resmi (Percakapan dalam Bahasa Inggris):

Pertanyaan : How are you (today)?     Jawaban : Very well, thanks

Kalimat Tidak Resmi (Percakapan dalam Bahasa Inggris):

Pertanyaan :  How are going? atau How are Things?
Jawabannya :
Fine thanks, Good thanks, O.K Thanks, Not Bad

Dari semua contoh diatas sebetulnya belum semua tertulis namun masih banyak bentuk lainnya terutama untuk salam, pertanyaan, dan jawaban yang tidak resmi. Karena memang ucapan tidak resmi biasanya kita gunakan untuk orang yang sudah betul-betul kita kenal dengan baik. Sehingga kita bisa berbicara lepas dan tidak ada beban. Beda halnya dengan ucapan resmi yang memang harus kita gunakan pada orang-orang yang baru kita kenal.

Dipelajaran terakhir untuk hari ini, saya akan memberikan beberapa soal yang masih berkaitan dengan Percakapan resmi atau tidak resmi. Dimana tugas anda adalah menjawab mana yang termasuk dalam percakapan yang resmi, setengah resmi dan tidak resmi. Sehingga dengan soal ini akan bisa lebih mematangkan pemahaman anda akan pelajaran Bahasa Inggris kali ini. Silahkan anda simak contoh jelasnya berikut ini :

Contoh Soal Pelajaran Bahasa INggris 


 1. Rudi  : Hullo Fani.
     Fani   : Hullo Rudi, How are you ?
     Rudi  : Very Well, thanks
 
2. Muslih : Hi,
    Munir  : Good day Muslih, How are going?
    Muslih : Good Thanks,

 3.Juni     : Good Morning Husein!
                 How are you ?
    Husein : Good Morning Juni,
                 Very well, thank you 

Jawaban :

1. a). tidak resmi
    b). Resmi
    c). Setengah Resmi

2. a). tidak resmi
    b). Resmi
    c). Setengah Resmi

3. a). tidak resmi
    b). Resmi
    c). Setengah Resmi

 
OK, silahkan anda jawab dengan Benar pertanyaan-pertanyaan diatas dengan merujuk materi yang telah anda pelajari terkait Percakapan dalam Bahasa Inggris yang resmi, setengah resmi maupun  tidak resmi. Setelah itu ada tugas lain yang bisa anda lakukan, sebagaimana telah saya sampaikan tadi bahwa contoh dari percakapan tidak resmi itu cukup banyak dan tidak hanya yang telah saya sampaikan diatas. Oleh karena itu, tugas anda berikutnya adalah mengumpulkan contoh-contoh dari percakapan tidak resmi lainnya.

Dengan mengerjakan tugas terakhir ini, tentunya akan menambah pemahaman bahasa Inggris khususnya terkait dengan percakapan (salam,pertanyaan, jawaban) resmi atau tidak resmi. Anda bisa mencarinya dibuku-buku pelajaran bahasa Inggris atau bisa juga mencarinya di internet. Selamat mengerjakan tugas...

Demikianlah, ulasan ringan mengenai Percakapan Resmi dan tidak Resmi dalam Bahasa Inggris yang bisa saya bahas hari ini namun sebelum berpisah yang ingin mengajak anda untuk mempelajari pelajaran Bahasa Inggris sebelumnya yang pernah saya ulas di Blog ini. Diantaranya adalah "Jurus Kepepet Belajar Bahasa Inggris". Dan anda juga bisa belajar lebih dalam  mengenai soal-soal mengenai future tense  "Latihan untuk Tenses The future Tense".

Selain diatas, saya sendiri sudah mengulas sudah lebih dari seratus artikel yang khusus Pelajaran Bahasa Inggris sehingga sudah begitu banyak pelajaran yang bisa anda petik dari blog ini. Namun saya juga membutuhkan kritik dan saran dari anda semua agar Blog ini bisa lebih berkembang dan membawa manfaat lebih banyak buat kalian semua.
Masukkan email anda untuk berlangganan artikel terbaru dari kami Belajar Bahsa Inggris.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger