logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
Powered by Blogger.

Masukkan email anda Untuk berlangganan Artikel Terbaru :

(Untuk memperlancar, cek email anda lalu klik confirmasi dari feeedBurner, dan untuk lebih jelas silahkan klik link berikut -->>> Panduan Lengkap Berlangganan carabelajarmudahbahasainggris.com (klik)

Dipublikasikan oleh Cara Mudah belajar Bahasa Inggris


ANDA Mau PINTAR BAHASA INGGRIS!!

SEGERA MILIKI FLASHDISK PINTAR

UNTUK PEMESANAN klik link dibawah :

Flashdisk PINTAR


loading...

Pengelompokan Kata Kerja(Verb) Dalam Bahasa Inggris



Pengelompokan Kata Kerja (Verb) - Pada postingan beberapa waktu lalu saya sudah mengulas secara lebih dalam mengenai pengertian Kata kerja atau Verb. Serta beberapa contoh kata-kata kerja dalam bahasa Inggris. Selain itu telah saya janjikan akan mengulas lebih dalam beberapa golongan kata Kerja (Verb) pada postingan ini. Maka pada malam ini saya ingin menepati janji saya untuk mengulas Beberapa Bentuk Kata Kerja dalam bahasa Inggris.

Sepengetahuan saya ada 4 bentuk dari verb dalam bahasa Inggris dan akan saya ulas satu persatu agar bisa dipahami lebih mendalam. Untuk itu simak penjelasannya berikut ini dan akan saya awali dari Bentuk Pertama :

1.Kata Kerja Dasar (Infinitives)

Secara sederhana Infinitives bisa kita pahami secara mudah dan Infinitives bisa berarti Kata kerja yang belum mengalami perubahan bentuk. Beberapa contoh yang bisa saya sajikan dari bentuk Kata Kerja dasar (Infinitives) adalah berikut ini :

Infinitives :                   Bukan Infinitives :
To Make, Make             Making, Made, Makes
To say, say                     Saying, said, says
To Walk, walk               Walking, Walked, Walks
To Buy, buy                   Buying, bought, buys
To Work, work               working, worked, works

Nah, itulah beberapa contoh dari kata kerja dasar atau Infiniteves yang sederhana dan mudah kita pahami dan juga disampingnya terdapat contoh yang bukan Infiniteves. Namun tidak hanya sampai situ, kata kerja dasar masih dibagi lagi menjadi beberapa golongan atau kelompok.  Dan ada dua kelompok dalam pembagian Kata Kerja dasar yang bisa anda baca pada ulasan berikut ini :

Kelompok kata Dasar Yang Pertama :

Infinitives Without “to” atau Kata kerja dasar tanpa “to”  intinya kata dasar yang dalam penggunaannya tidak menggunakan to. Biasanya kata Kerja ini digunakan setelah kata kerja bantu (Auxiliari verb) seperti can, may, must, shall, will,  do namun ada pengecualian yaitu to be (is, are, was, am, were). Bisa saya contohkan kalimat yang menggunakan kata kerja dasar tanpa ‘’to’’ berikut ini :

-       They will come here tomorrow
Mereka akan datang kesini besok

-      He may sleep on my bed tonight
Dia boleh tidur di tempat tidurku malam ini

-       She must go now
Dia harus pergi sekarang
-       Do you eat this cake?
Apakah anda memakan kue ini?

Selain digunakan setelah kata kerja bantu namun kata kerja dasar tanpa to juga digunakan sesudah “dare” atau “need”  dalam kalimat negatif dan kalimat tanya sedangkan Auxiliary do/does?did dihilangkan  dan sebagai contohnya adalah kalimat dibawah ini:

-       I dere not go alone to malang
Saya tidak berani pergi ke Malang sendirian
-          
        Dare you eat this food?
Beranikah anda makan makanan ini ?

Kelompok Kata dasar Yang Kedua :

Infinitives with “to” atau kata kerja dasar dengan “to” yang biasanya digunakan sesudah kelompok kata kerja tertentu yang bisa saya tuliskan beberapa contoh saja pada artikel kali ini karena memang kata kerja tertentu tersebut cukup banyak. Ini beberapa contohnya :

To tell              Mengatakan, menyuruh         To refuse         Menolak
To star             Memulai                                 To warn            Memperingatkan
To like              Suka, gemar                         To order           Menyuruh, memerintahkan
To decide        memutuskan                          To command  Memerintahkan
To hasitate      Ragu-ragu                              To begin          Memulai
To try               Mencoba                                 To intend         Bermaksud
To invite          Mengundang                           To advise        Menasihati

Nah setelah memberikan contoh kata kerja tertentu maka berikut ini bisa dicontohkan penggunaan infinitives with “to” dalam sebuah kalimat :

1.      I like to buy some candies for my little brother
Saya suka membeli beberapa permen untuk adik laki-lakiku
2.      I decide to go with him
Saya memutuskan untuk pergi dengannya
3.      I try to help my mother in the kitchen
Saya berusaha membantu ibu saya didapur

Akan tetapi ada kata kerja yang memiliki dua fungsi selain bisa diikuti dengan infinitives with “to” namun juga dapat diikuti oleh verb-ing. Jadi bisa dilakukan penggabungan funsi dari satu contoh kata kerja dasar dengan “to” ini, dan berikut ini beberapa contoh kata kerja tersebut :

To remember            Ingat                            to begin           Mulai
To like                      Suka, gemar                to continue      meneruskan, melanjutkan
To prefer                  Lebih suka                   to forger          lupa
To start                    Memulai                     to hate             benci
To intend                 bermaksud                  to regret          menyesal
To try                       mencoba

Dan berikut ini contoh penggunaan nya dalam sebuah kalimat yang memiliki satu infinitives with “to” namun juga bisa diikuti oleh Kata kerja yang mengandung verb-ing :

-       He like to buy some shirts atau
He like buying some shirt
Dia suka membeli beberapa kemeja

-       She forget to give this book to him atau
She forget giving this book to him
Dia lupa memberikan buku ini padanya

-       I try to help him, atau
I try helping him
Saya berusaha membantunya

Nah dari penjelasan panjang diatas bisa kita ambil sebuah kesimpulan bahwa suatu verb atau kata kerja dapat diikuti oleh kata kerja yang lainnya. Dimana kata kerja yang mengikuti tersebut berbentuk Infinitives with “to”.  Sedangkan  “to” disini berfungsi untuk memisahkan antara kata kerja (verb) awal dengan kata kerja (verb) yang mengikutinya.

Sepertinya kita baru sampai pada penjelesan kelompok pertama Kata kerja (verb) dalam bahasa Inggris. Disertai dengan beberapa contoh kata kerja maupun contoh kalimat yang didalamnya terdapat kata kerja dasar tanpa “to’’ maupun Kata kerja dasar dengan “to” (infiniteves with “to”) . Sedangkan pembahasan kita masih panjang terkait pengelompokan Kata kerja ini.  

Dan masih terdapat tiga kelompok kata Kerja lagi namun terasa pembahasan ini sudah begitu panjang sehingga tidak akan epektif jika masih kita teruskan. Oleh karena itu, akan kita sambung lagi terkait hal ini dipostingan yang akan datang. Agar anda tidak terlalu kelelahan dalam belajar Bahasa Inggris dan saya juga butuh waktu untuk istirahat sejenak hehe.

Oke, untuk kali ini kita cukupkan samapai disini dulu namun sebelum pergi sebaiknya anda juga bisa membaca-baca postingan terdahulu yang masih berkaitan dengan Materi ini seperti artikel berikut “ Pengertian Kata Kerja (verb)dalam bahasa Inggris” Selain itu masih banyak ada lagi artikel menarik lainya diantaranya adalah Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Aplikasi Line.

Nah itulah beberapa artikel sebelum ini dan jika ada kritikan atau saran untuk blog ini baik itu terkait artikel, tampilan blog, atau hal-hal yang kurang berkenan dari blog. Silahkan anda bisa menghubungi kami baik memlalui comentar langsung maupun melakui form contack yang telah kami sediakan.. Selamat belajar dan sampai jumpa pada artikel berikutnya sambungan dari artikel hari ini....
Masukkan email anda untuk berlangganan artikel terbaru dari kami Belajar Bahsa Inggris.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger