logo blog
Selamat Datang Di Blog Kompi Males
Terima kasih atas kunjungan Anda di blog Kompi Males,
semoga apa yang saya share di sini bisa bermanfaat dan memberikan motivasi pada kita semua
untuk terus berkarya dan berbuat sesuatu yang bisa berguna untuk orang banyak.
Powered by Blogger.

Masukkan email anda Untuk berlangganan Artikel Terbaru :

(Untuk memperlancar, cek email anda lalu klik confirmasi dari feeedBurner, dan untuk lebih jelas silahkan klik link berikut -->>> Panduan Lengkap Berlangganan carabelajarmudahbahasainggris.com (klik)

Dipublikasikan oleh Cara Mudah belajar Bahasa Inggris


ANDA Mau PINTAR BAHASA INGGRIS!!

SEGERA MILIKI FLASHDISK PINTAR

UNTUK PEMESANAN klik link dibawah :

Flashdisk PINTAR


loading...

Kalimat Present Tense

Kalimat Present Tense atau Simple presnt Tense, merupakan kalimat yang menyatakan kejadian/peristiwa yang sedang berlangsung saat ini. Jika anda hendak membuat Kalimat Present Tense hendaklah memperhatikan beberapa aturan(rumusnya). Kalimat Present Tense memiliki rumus sebagai berikut,Positif: S + V1 (s/es), Negatif: S + DO/DOES + NOT + V1, Tanya: DO/DOES + S + V1. Nah itulah aturan atau rumus yang harus diperhatikan. pada umumnya kalimat itu berbentuk kalimat Positif, Negatif, dan tanya maka rumus kalimat Present Tense terdiri dari 3 rumus sebagaimana yang tertulis tersebut.

Kalimat Present Tense
dalam bentuk Positif bisa anda lihat dari Kata kerja bentuk pertama atau disingkat V1 yang mendapat tambahan (S/ES). Contoh kata Study menjadi Studies atau kata Go menjadi Goes, dan masih banyak contoh Verb 1 yang mendapt s/es. Pada intinya ketika ada sebuah kalimat dalam bahasa Inggris yang V1 mendapat tambahan s/es itu berarti menujukan bahwa kalimat tersebut adalah Present Tense. Namun menambah huruf s atau ES tidaklah asal-asalan namun ada ketentuannya tersendiri. Untuk menambah huruf ES jika V1 nya berakhiran, o, x, ch, y, th, s, dan sh.

Sedikit paham bukan? kapan anda harus menambahkan huruf ES pada kalimat Present Tense. Contoh V1; Bath(mandi) karena kata tersebut berakhiran th, maka kata tersebut bisa ditambah ES. intinya semua kata kerja bentuk pertama (V1) yang berakhiran o,x,y,ch,th,s,dan sh harus ditambah ES saat membuat kalimat Present Tense. Yang paling mendasar yang harus di ketahui dalam belajar kalimat Present Tense yakni anda harus hafal kata kerja bentuk pertama(V1). Jika saat ini anda belum hafal silahkan buka kembali kamus, biasanya sudah tersedia semua kata kerja bentuk pertama(V1) didalamnya.

Berikutnya saya akan berbicara mengenai kalimat Present tense dalam bentuk Negatif, dengan rumus S + DO/DOES + NOT + V1. Kalimat negatif itu bisa diartikan sebuah kalimat menyangkal dengan kata tidak. Misalnya saya tidak makan daging, nah itulah yaang disebut kalimat negatif. Dari rumus tersebut terlihat bahwa kalimat Prensent tense dalam bentuk negatif mendapat tambahan kata DO/DOES. Dalam menambah kata Do/Does harus memakai aturan. Untuk Menambah DO ketika dalam kalimat tersebut subjectnya menggunakan I, WE, YOU, THEY.

Sedangkan Untuk menambahkan Does pada kalimat present Tense yang berbentuk negatif, ketika subject nya menggunakan SHE, HE, IT, Dewi, Ali. Contohnya sebagai berikut He Does Not watch TV. Karena subjectnya menggunakan He maka kalimat tersebut ditambah Does. Jika kita mencoba kembali pada rumus kalimat Prensent Tense dalam bentuk positif, maka V1 berakhiran CH harus ditambah kata ES, namun kenapa pada kalimat negatif(He Does Not Watch TV) ini tidak dilakukan? Alasannya adalah huruf ES telah ditambah pada DOES jadi tidak perlu lagi ditambah pada kata Watch.

Terakhir adalah kalimat Present Tense dalam bentuk kalimat tanya, akan saya bahas sedikit masalah itu. Dalam kalimat tanya menggunakan rumus sebagai berikut DO/DOES + S + V1. Jika anda lihat dari rumus tersebut maka kalimat tanya dalam present tense terletak pada mendahulukan Do/Does baru setelah itu di ikuti Subject dan kata kerja bentuk pertama. Kita ambil contohnya seperti ini Does He watch TV? Jawabnya adalah NO/Yes, oke sudah sampai pada akhir dari artikel yang membahas Kalimat Present Tense. Mudah-mudahan penjabaran sederhana ini mampu membawa manfaat buat kita semua(Selamat belajar).
Masukkan email anda untuk berlangganan artikel terbaru dari kami Belajar Bahsa Inggris.
Print PDF
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »
Copyright © 2013. Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger